Kamis, 24 Juni 2010

Kumpulan Humor

Anda mungkin tertawa, mungkin hanya senyum atau mungkin tidak sama sekali...
namanya juga sense of humor...Kualitas humor seseorang tidak selalu sama, mungkin saja yang saya anggap lucu, anda tidak...Yang jelas sesuatu yang relatif itu tidak harus diperdebatkan.

Demikian juga kumpulan humor yang saya posting ini, kalau anda rasa lucu, silahkan tertawa atau paling tidak senyum juga boleh...

Saya hanya berharap anda sedikit melonggarkan kepenatan atas kegiatan anda sehari-hari dengan sedikit saja tersenyum untuk joke berikut ini.


ANJING, PEMILIKNYA DAN SI TUKANG DAGING
Seekor anjing kepunyaan seorang pengacara yang sedang dilepas, nyelonong masuk ketempat penjualan daging dan mencuri sepotong daging sapi.

Tukang daging lalu mendatangi kantor si pengacara dan bertanya, "Kalau seekor anjing yang dilepas dan mencuri sepotong daging dari tempat saya, apakah saya punya hak untuk minta ganti rugi kepada si pemilik anjing?"

"Tentu saja!" jawab si pengacara.

Tukang daging bersorak kegirangan "Bagus sekali, kalau begitu bapak harus bayar saya $7.99 untuk daging yang dicuri anjing bapak dari tempat saya tadi pagi."

Pengacara tanpa sepatah katapun langsung membayar $7.99 kepada si tukang daging.

Besoknya saat tukang daging mengambil surat dari mailbox dan dia menemukan salah satu surat dari si pengacara berisikan tagihan, isinya: "$25.00 untuk konsultasi."
~!@#$%^&

OBAT NYAMUK DAN SUAMI ISTRI
Seorang wanita berjalan menuju dapur untuk menemui suaminya yang sedang sibuk dengan obat nyamuknya.

"Kamu lagi ngapain sih, sayang?" tanya istrinya.

"Berburu nyamuk," jawab si suami.

"Udah ada yang tertangkap?"

"Oh ada donk, 3 nyamuk jantan dan dua nyamuk betina," jawab suami bersemangat.

Istrinya bingung dan bertanya, "Kok kamu bisa tahu jenis kelaminnya?"

"Ada tiga nyamuk di atas bungkus rokok, dan dua nyamuk di atas pesawat telepon!"

GUE TAU SEMUANYA !!!
Ita baru masuk SMU, masa-masa pubernya bikin dia centil dan suka ngerjain orang. Kali ini dia dapet kata-kata baru buat ngerjain orang. Hari pertama, dia nelepon temannya :

"Rin, gue udah tau semuanya !" "Hah.." Suara disana terdengar lemas."Ta, elu jangan bilang Indri kalo gue jalan sama cowoknya ya Ta. Gue ada voucher makan di HokBen, elu jangan bilang-bilang yah. Sori gue cuma bisa ngasih itu doang." "Okelah, gue sih terima aja, lu kan temen gue."

Begitu telepon ditutup, Ita langsung teriak girang. "Wah oke juga nih, gue dapet voucher HokBen !! Coba gue praktekin lagi." Kali ini Ita masuk kamar kakaknya dan langsung bicara pelan didekat kuping kakaknya yang lagi tiduran.

"Wer, gue udah tau semuanya. Ternyata gitu ya Wer." Dower langsung bangun, mengambil sebuah kunci dan berbisik pada Ita. "Ta, lu boleh pake mobil sebulan penuh plus gue kasih bensinnya. TApi jangan bilang Papi kalo gue nge-gele yah !!!"

"BEres. "

Ita benar-benar girang, kali ini dia mencegat Papinya yang baru pulangkerja. "Pah,." Ita mengejar Papinya yang cuek bebek "Pah, Ita mau ngomong." "Ada apa sih Ta ?!! Papa capek nih." "Ita udah tau semuanya Pah..." Mendadak PApanya celingukan, mengeluarkan HP dan menelepon seseorang

"Ta, Credit Card kamu udah Papa aktifkan lagi. Tapi !!! Jangan pernah bilang Mama soal si Astrid." Ita girang campur sebel. Ternyata Papanya menduakan Mama cuma demi pembantunya si Astrid

Ita langsung berlari tanpa sepatah katapun

Diluar, Ita bertemu Pak Udi, sopirnya yang sudah belasan tahun bekerja dirumahnya. Ita mulai usil lagi. Dia kesal juga, pasti dia tau soal si Astrid, tapi bungkam selama ini, gue kerjain juga nih, pikirnya.

"Pak !!!" Ita benar-benar membuat kaget sopirnya "Saya sudah tau semuanya."

Pak Udi terbengong, dan perlahan meneteskan air mata. Ita malah bingung.

"Ita !!! Peluklah Bapakmu ini Sayang. Akhirnya kau tahu juga Nak !"
!!@#$%^&*()

SAYA SUKA CARA BERPIKIR ANDA
Si Edi yang duduk di bangku SD ditanya gurunya...
'Edi, ada 5 bebek yang lagi mencari makanan di sawah. Kalo ditembak pemburu, kena satu yang tinggal berapa?'

Sesudah berpikir sebentar, si Edi menjawab 'gak ada pak...!'

Si guru bertanya 'kenapa gak ada?'

'yang laen terbang semua, karena kaget..!!'

si guru tersenyum bijak dan berujar
'yah, sebetulnya bukan itu jawabannya...tapi saya suka cara berpikir kamu...'

si Edi enggak mau kalah,
'boleh saya yang tanya pak?'

'boleee...' kata si guru

'ada tiga wanita makan es krim...yang satu makannya dikunyah2, yang satu digigit2, yang satu lagi ..dijilat2...yang mana yang sudah menikah pak?'

tanpa berpikir panjang si guru menjawab 'sudah pasti yang menjilat2 es krim-nya...'

si Edi senyum2 dan berujar 'sebetulnya yang sudah menikah yang mengenakan cincin kawin pak... TAPI SAYA SUKA CARA BERPIKIR BAPAK...'
!@#$^*)(

KOK BISA PINGSAN SIH ???
Seorang lelaki dengan tergesa-gesa dan terburu-buru menyerobot masuk ke ruang bersalin, dan beberapa saat kemudian lelaki itu tampak keluar didorong memakai kursi roda oleh seorang suster karena pingsan. Sarman heran kenapa lelaki ini, karena penasaran Udin segera menghapiri beberapa dokter yang ada di ruang bersalin.

Sarman bertanya, “dok, boleh tahu kenapa lelaki yang baru datang tadi tiba tiba pingsan?”
Dengan tenang si dokter menjawab, “Oh itu dia terburu-buru datang kesini karena isterinya akan segera melahirkan, tapi dia lupa sesuatu,”
“Lupa apa, dok?” tanya Sarman lagi.
“Dia lupa membawa istrinya.” kata dokter. :-/
!@#$%^&


Jumat, 18 Juni 2010

PARAMETER REAL TIME SYSTEM DALAM PENDARATAN PESAWAT TERBANG

Real time system adalah kondisi pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu (deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi. Sebuah sistem non-waktu nyata sebagai lawannya tidak memiliki tenggat waktu. Contoh dari sebuah sistem waktu nyata adalah sistem pengendali pesawat terbang. Batasan waktu pada sistem pengendali pesawat terbang harus tegas karena penyimpangan terhadap batasan waktu dapat berakibat fatal, yaitu kecelakaan.


Dalam kaitannya dengan pengendalian pesawat terbang, terdapat beberapa bagian yang menjadi titik konsentrasi system ini. Beberapa hal tersebut antara lain :
1.      Radio siar Bandar Udara
2.      Mesin dan computer
3.      Ticketing
4.      Take off dan landing
5.      System keamanan, dan
6.      Perekam data penerbangan

Selain enam hal tersebut, masih banyak sekali system yang terkait dengan real time system. Namun untuk pembahasan kali ini, saya akan fokuskan dalam kategori take off dan landing.
Baiklah, untuk real-time system dalam kategori take off dan landing, terdapat beberapa kesamaan dari system yang dijalankan, namun adapula beberapa perbedaan dalam implementasi teknisnya.

Sebagai permulaan, mari membayangkan apa yang anda lihat dan anda rasakan ketika anda sedang berada diatas pesawat atau melihat pesawat yang hendak take off atau akan landing.
Apa yang anda lihat atau rasakan ?
Ketika take off, pasti sayap akan membuka ruang seluas mungkin agar udara dapat melintasi sayap dan tidak menghalangi udara atau gesekan antara udara dan badan pesawat sehingga tenaga yang dihasilkan turbin menghasilkan gaya dorong dan pesawat pun meluncur.
Saat landing, pasti sayap akan menutup selebar mungkin agar ruang gerak udara semakin sempit dan menghambat laju pesawat, sehingga pesawat pun semakin lambat dan akhirnya berhenti.
Nah, inilah yang saya maksud sebagai system yang sama namun implementasi teknis yang berbeda.

Lalu apa hubungannya dengan real-time system dan parameter apa yang menjadi acuan ketika pesawat akan take off dan landing ???

Begini, real-time system yang terdapat dalam proses take off dan landing, tidak jauh berbeda (tepat seperti yang saya sampaikan sebelumnya). Untuk lebih jelasnya, mari kita simak parameter pra dan pasca penerbangan.
1.      Control Unit Radio Siar (Pelaporan pada bandara pemberangakatan dan tujuan)
Pada proses ini, pesawat dan awaknya diwajibkan melapor guna keperluan cek tahap akhir agar meminimalisir kejadian kejadian yang tidak diinginkan jika suatu saat pesawat terjadi kendala selama penerbangan.
Proses ini merupakan tahap awal dari proses real-time sytem. Karena jika tidak, maka dapat dipastikan keterlambatan informasi akan menghambat waktu keberangkatan pesawat.
2.      Persiapan ketepatan computer dalam pesawat dengan mesin pesawat.
Proses inipun merupakan tahapan real-time system yang tak kalah penting. Dalam proses ini, real-time system digolongkan dalam kategori hard real-time system, karena mengutamakan ketepatan perhitungan. Jika dalam hal ini terjadi kendala selama penerbangan, maka computer dalam pesawat akan mendeteksi kendala tersebut secara cepat dan tepat.
Pada bagian ini, saya akan menjelaskan beberapa contoh yang menjelaskan tahapan real-time system. Antara lain :
a.       Pengaturan sayap
Akan mengatur fungsi sayap pesawat dalam kaitannya dengan aerodinamis.
b.      Pengaturan roda
Mengatur timing (waktu) kapan roda harus menutup atau membuka. Juga dalam kaitannya dengan aerodinamis.
c.       Sensor ketinggian
Mengatur dan menyeimbangkan serta menyesuaikan jarak tempuh, jumlah bahan bakar dan cuaca didalam dan diluar pesawat.
d.      Suhu dalam pesawat
Menyesuaikan suhu dalam dan luar pesawat, sehingga keadaan dalam pesawat menjadi lebih stabil.
e.       Pengaturan kecepatan mesin
Menyeimbangkan antara konsumsi bahan bakar, jarak tempuh dan ketepatan waktu pemberangkatan. Perlu diperhatikan, pengaturan kecepatan mesin, harus disesuaikan dengan karakteristik/ jenis mesin pesawat, tidak boleh dipaksakan atau dikurang-kurangi, karena akan berakibat fatal.
f.       Sensor tinggi miniminal pesawat dan jarak landasan
System ini akan mengatur ketepatan ketinggian pesawat saat akan melakukan pendaratan atau roda yang harus ditutup atau dikeluarkan. Jika system ini bermasalah, maka akan diambil alih oleh pengaturan rencana cadangan yakni system pendaratan darurat.
g.      Pengaturan rencana cadangan
Ini adalah hal terpenting dan sangat jelas real-time system nya. Rencana cadangan yang dimaksud, merupakan hal yang memiliki kesalahan pengerjaan terkecil (galat terkecil).
Rencana cadangan ini mewakili segala hal yang bersifat secondary thing dan darurat.
Secara teknis dijelaskan dengan contoh :
f.1 sistem pengelola mesin pesawat yang mati mendadak.
f.2 sistem pengelola suhu kabin yang tidak stabil
f.3 sistem pendaratan darurat
f.4 sistem pengaturan kebocoran, dll.

Demikian pembahasan singkat tentang real-time system. Saya tahu, artikel ini sangat kurang layak atau bahkan banyak ngaconya…tapi tolong dimaklumin ya pren….hehehe…namanya juga usaha belajar….
Hehehe…salam tengkiu selalu…
P.S : kalo ada yang mau nambahin, silahkan jadi user di web saya di http://argax.polresacehtenggara.com/ ntar saya kasi hak akses editor deh…


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More